3 . Evaluasi Alternatif Sebelum Pembelian
Evaluasi alternatif merupakan suatu proses
dimana suatu alternatif pilihan dievaluasi dan dipilih oleh konsumen. Pada
tahap evaluasi konsumen harus:
1). Menentukan kriteria
yang akan digunakan untuk menilai alternatif,
2). Memutuskan alternatif
mana yang akan dipertimbangkan,
3). Menilai kinerja dan
alternatif yang dipertimbangkan dan
4). Memilih dan
menerapkan kaidah keputusan untuk membuat pilihan akhir.
Philip kotler
mengemukakan, “Konsumen mempelajari merek-merek yang tersedia dan ciri-cirinya.
Informasi ini digunakan untuk mengevaluasi semua alternatif yang ada dalam
menentukan keputusan pembeliannya”(1998:170).
Menurut Sutisna,
“Setidak-tidaknya ada dua kriteria evaluasi alternatif. Pertama adalah manfaat
yang diperoleh dengan membeli produk. Kedua, kepuasan yang
diharapkan”(2001:22).
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, ketika berbagai alternatif telah diperoleh, konsumen melakukan evaluasi alternatif. Evaluasi altenatif tersebut, dalam keberadaanya ditentukan oleh keterlibatan konsumen dengan produk yang akan dibelinya.
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, ketika berbagai alternatif telah diperoleh, konsumen melakukan evaluasi alternatif. Evaluasi altenatif tersebut, dalam keberadaanya ditentukan oleh keterlibatan konsumen dengan produk yang akan dibelinya.
Alternatif membeli atau
tidak membeli produk (merk) tertentu, dipengaruhi oleh pertimbangan atribut
produk. Yaitu meliputi: manfaat, kepentingan, image, dan fungsi yang
diharapkan. Pertimbangan tersebut seringkali diperbandingan antara manfaat yang
akan diperoleh dengan biaya yang akan dikeluarkan untuk memperoleh atau setelah
membeli barang tersebut. Mempertimbangkan untuk membeli mobil kedua adalah
pilihan antara keleluasaan pemakaian dan tambahan investasi maupun biaya
perawatan.
Kriteria yang digunakan
konsumen selama pengambilan keputusan akan tergantung pada beberapa faktor,
diantaranya:
1) Pengaruh situasi,
2) Kesamaan
alternatif-alternatif pilihan,
3) Motivasi,
4) Keterlibatan,
5) Pengetahuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar